Sabtu, 09 November 2019

POTENSI PEMANFAATAN STEROID UNTUK MAKHLUK HIDUP



POTENSI PEMANFAATAN STEROID UNTUK MAKHLUK HIDUP

            Di blog sebelumnya, kita telah membahas tentang keanekaragaman struktur kimia steroid. Steroid adalah senyawa kimia yang memiliki struktur/kerangka dasar triterpena asiklik. Steroid memiliki ciri umum yaitu sistem empat cincin yang tergabung. Dimana cincin A, B, dan C memiliki 6 atom karbon (sikoloheksana) dan cincin D memiliki 5 atom karbon (siklopentana). Struktur dasarnya yaitu 1,2-cyclopentanoperhydrophenanthrene dengan 17 atom karbon dan 4 cincin. Senyawa yang merupakan turunan dari steroid adalah kolesterol, ergosterol, progesterone, dan estrogen. Umumnya steroid berfungsi sebagai hormon.

Hormon seks bagi perempuan dan laki-laki yaitu
a. Testoteron


            Berperan dalam pengembangan organ laki-laki seperti otot, rambut dan pembentukan sperma.

b. Estrogen




            Berperan dalam pengembangan organ kewanitaan, seperti ovulasi.

c. Progesteron


            Berperan untuk mempersiapkan uterus untuk menyuburkan indung telur.

Beberapa tumbuhan yang mengandung steroid yaitu:
1. Dauh Mahkota Dewa
            Tanaman ini mengandung steroid jenis sterol. Dimana daun mahkota dewa ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit stroke, luka, bekas gigitan hewan buas, hipertensi, pendarahan, dan demam berdarah.  

2. Daun Pepaya
            Daun papaya mengandung steroid jenis sterol. Dimana tanaman ini dimanfaatkan unuk penurun suhu tubuh, sebagai obat untuk demam berdarah, serta untuk menambah nafsu makan.

3. Daun Cincau
            Daun cincau memiliki manfaat bagi tubuh yaitu untuk obat demam, obat diabetes mellitus, radang lambung dan mengobati sakit types.


Permasalahan:
1. Seperti yang telah dijelaskan di atas, manfaat dari daun mahkota dewa dan daun pepaya itu sama, yaitu digunakan sebagai obat untuk demam berdarah. Jika dilihat dari segi manfaatnya yang sama, apakah gugus fungsi yang dimiliki kedua tanaman tersebut sama sehingga manfaatnya bisa sama?

2. Hormon estrogen dapat membantu mengatur siklus menstruasi pada wanita. Namun, mengapa ada yang haid bisa sampai 2 kali dalam 1 bulan? Apakah hormon estrogennya tidak berfungsi dengan baik pada wanita tersebut?

3. Dari penjelasan di atas, manfaat dari daun pepaya salah satunya adalah untuk menambah nafsu makan. Seperti yang kita ketahui bahwa rasa dari daun pepaya itu adalah pahit. Lalu bagaimana kaitan dari rasa pahit yang ada dalam daun pepaya dengan manfaatnya sebagai penambah nafsu makan?

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. 3. Daun pepaya dikatakan demikian karena ia merupakan bagian dari steroid yang mana steroid sendiri pada dasarnya berasal dari kelompok kolesterol. Ini diperkuat dengan pernyataan dari beberapa artikel yang saya baca kalau pada suplemen penambahan nafsu makan didominasi oleh obat sintesis testosteron dan progesteron. Daun pepaya walaupun tergolong alkaloid yang cenderung memiliki rasa pahit, namun juga karena terdapat steroid yang menyimpan fungsi kedua hormon tadi yang mampu merangsang nafsu makan.

    BalasHapus
  3. 1. Menurut saya yang membuat daun mahkota dewa dan daun pepaya memiliki fungsi yang sama dikarenakan keduanya memiliki gugus gula yang eterikat dalam syruktur steroidnya

    Semoga membantu :)

    BalasHapus
  4. 2. Siklus menstruasi yang terganggung, bisa disebabkan oleh hormon terutama estrogen. Selain itu pola hidup yang buruk juga mengganggu siklus menstruasi seperti kelelahan, kurangnya tidur dan lain sebagainya.

    BalasHapus

KIMIA BAHAN ALAM UNTUK MAKANAN, MINUMAN DAN PENYEDAP RASA

Kimia Bahan Alam untuk Makanan, Minuman dan Penyedap Rasa        Dalam kehidupan sehari-hari, kita banyak mengkonsumsi maka...