Kamis, 14 November 2019

VITAMIN-VITAMIN ESENSIAL DARI BAHAN ALAM



VITAMIN-VITAMIN ESENSIAL DARI BAHAN ALAM



            Vitamin adalah senyawa organik amina yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena dapat membantu seluruh proses kegiatan dalam tubuh. Namun vitamin tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Vitamin berasal dari kata vita dan amina, yang mana vita berarti hidup dan amina mengacu pada suatu gugus organic yang memiliki atom nitrogen (N). Vitamin sangat mudah didapat, karena setiap makanan yang kita makan pasti mengandung vitamin walaupun kandungan vitaminnya hanya sedikit.

Jenis-jenis vitamin
            Vitamin dibagi menjadi dua macam berdasarkan kelarutannya, yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam air yaitu vitamin B dan vitamin C. dan vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, D, E, dan K.

Berikut merupakan beberapa jenis vitamin dan sumber vitamin
1. Vitamin A
Struktur Vitamin A



            Vitamin A berfungsi untuk membuat indra penglihatan menjadi baik. Dan juga berperan sebagai komponen penyusun pigmen mata di retina. Vitamin A juga berfungsi untuk system kekebalan tubuh dan juga untuk kesehatan kulit. Namun, vitamin A mudak rusak jika terkena paparan sinar matahari dan udara.
            Vitamin A banyak terkandung dalam sayur-sayuran yang berwarna kuning dan hijau, susu, ikan, dan juga terdapat dalam buah-buahan seperti wortel, tomat dan papaya. Vitamin A sering disebut retinol.

2. Vitamin B


            Vitamin B ini dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh. Vitamin B juga berperan dalam pembentukan sel darah merah. Sumber bahan alam yang mengandung vitamin B yaitu gandum, ikan, susu, dan sayur-sayuran hijau.

3. Vitamin B1





            Vitamin ini brfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan membantu proses metabolisme protein dan lemak. Defisiensi vitamin B1 dapat menyebabkan kulit menjadi keringdan bersisik, gangguan saluran pencernaan, jantung, dan system saraf. Vitamin B1 bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B1 seperti daging, susu, gandum, telur, dan kacang-kacangan. Vitamin B1 dering disebut dengan tiamin..

4. Vitamin B2


Struktur Vitamin B2



            Vitamin B2 berperan untuk membentuk sel darah merah, molekul steroid, dan glikogen serta berfungsi juga dalam pembentukan rambut, kulit, dan kuku. Vitamin B2 dapat kita temukan di bahan alami seperti susu, kacang kedelai, kuning telur, dan sayur-sayuran. Vitamin B2 disebut juga dengan nama riboflavin. Kekurangan vitamin ini dalam tubuh menyebabkan kulit kering bersisik, sariawan, bibir pecah-pecah, mulut kering, dan daya tahan tubuh menurun.

5. Vitamin B12


             Vitamin B12 merupakan vitamin yang diproduksi oleh hewan dan tidak ditemukan di tanaman. Vitamin ini berperan untuk pembentukan molekul DNA dan RNA serta memelihara kesehatan tubuh. Vitamin ini dapat kita temukan dalam telur, daging, dan hati. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan anemia, mudah lelah dan lesu, serta iritasi pada kulit. Nama lain dari vitamin B12 adalaha sianokobalamin.

6. Vitamin C





            Vitamin C sering disebut asam askorbat, yang berfungsi untuk membentuk kolagen, sebagai antioksidan, dan juga vitamin C berperan dalam penutupan luka saat terjadi pendarahan.kekurang vitamin C dapat menyebabkan gusi berdarah dan nyeri pada persendian. Vitamin C banyak terkandung dalam buah-buahan seperti jeruk, lemon, strawberry, dan sayuran paprika.

7. Vitamin D
Struktur Vitamin D





            Vitamin D berperan dalam membantu metabolisme kalsium, dan memineralisasi tulang. Kelebihan vitamin D dapat menyebabkan diare, berkurangnya berat badan, muntah-muntah, dan dehidrasi berlebihan. Vitamin D dapat kita temukan dalam ikan, telur dan susu, serta produk olahan seperti keju.

8. Vitamin E
Struktur Vitamin E





            Vitamin E berperan untuk menjaga kesehatan jaringan dalam tubuh, mulai dari jaringan kulit, mata, sel darah merah, dan hati. Danjuga vitamin E dapat menjaga paru-paru dari polusi udara. Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan kemandulan baik pria maupun wanita. Vitamin E ini dapat kita temukan dalam ikan, ayam, kuning telur, dan minyak tumbuh-tumbuhan.

9. Vitamin K
Struktur Vitamin K



            Vitamin K berperan untuk system peredaran darah dan berperan terhadap penutupan luka. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan pendarahan dalam tubuh, dan sulitnya darah untuk membekusaat terjadi luka. Vitamin K banyak terkandung dalam susu, kuning telur, dan sayuran.

Permasalahan:
1. Seperti yang kita ketahui, vitamin D dapat berasal dari sinar matahari. Vitamin D berfungsi untuk pertumbuhan tulang. Namun bagaimana dengan anak yang jarang keluar rumah, apakah terdapat perubahan struktur vitamin D dalam tubuh anak tersebut? Dan apakah terdapat perbedaan pertumbuhan tulang anak tersebut dengan anak yang sering terkena sinar matahari?

2. Vitamin K akan rusak apabila bereaksi langsung dengan asam, basa, ataupun matahari. Yoghurt merupakan salah satu minuman yang mengandung vitamin K, namun yoghurt memiliki rasa asam. Lalu bagaimana keadaan vitamin K dalam yoghurt tersebut? Apakah struktur dari vitamin K  tersebut akan rusak karena rasa asam dari yoghurt tersebut?

3. Vitamin C dan vitamin E memiliki struktur yang berbeda dan media kelarutannya pun berbeda. Namun kedua vitamin ini sama-sama dapat digunakan dalam bidang kecantikan khususnya dalam perawatan kulit. Apa yang menyebabkan kedua vitamin ini dapat digunakan dalam perawatan kulit?




6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. 1. Menurut saya, jika kita kekurangan konsumsi kandungan vitamin D tidak akan merubah struktur vitamin tersebut dalam tubuh. seperti halnya jika kita kita kekurangan konsumsi vitamin A yang terkandung dalam wortel maka bukan berarti struktur dari vitamin yang telah berada dalam tubuh itu akan berubah, karena penambahan kandungan vitamin bukan berarti mengubah atau mempenngaruhi. dan kemudian untuk pertumbuhan tulangnya menurut saya juga tidak ada perbedaan dengan anak yang sering keluar rumah.

    BalasHapus
  5. 2. kalau menurut saya sih memang struktur k itu bisa rusak karena minuman yogurt tetapi jika mengonsumsi minuman yogurt secara berlebihan karena kan minuman yogurt itu mengandung kadar asam untuk itu kita mengonsumsi juga ya sedang sedang saja dan memang vitamin k bersifat tahan panas tetapi dia juga bisa rusak karena asam,basa dan cahaya matahari.

    BalasHapus
  6. 3. Menurut saya kedua vitamin ini dapat digunakan untuk perawatan kulit karena keduanya berperan sebagai antioksidan, yang melawan radikal bebas dalam kulit sesehingga dapat menjaga dan merawat kulit. Selain itu karena kedua senyawa sama sama memiliki atom Oksigen yang terikat pada cincin segi lima dari kedua senyawa tersebut.
    SemSemoga membantu?:)

    BalasHapus

KIMIA BAHAN ALAM UNTUK MAKANAN, MINUMAN DAN PENYEDAP RASA

Kimia Bahan Alam untuk Makanan, Minuman dan Penyedap Rasa        Dalam kehidupan sehari-hari, kita banyak mengkonsumsi maka...