Kamis, 10 Oktober 2019

POTENSI PEMANFAATAN FLAVONOID UNTUK MAKHLUK HIDUP


POTENSI PEMANFAATAN FLAVONOID UNTUK MAKHLUK HIDUP



            Sebelumnya telah dijelaskan bahwa flavonoid adalah kelompok senyawa polifenol yang kebanyakan hampir terdapat pada semua tumbuhan. Dimana senyawa flavonoid ini bertindak sebagai pigmen (pemberi warna ungu, biru, merah, dan kuning). Flavonoid juga termasuk senyawa metabolit sekunder, yang mana senyawa ini berguna untuk mempertahankan diri dari hama dan penyakit, serta dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Hampir semua bagian dari tumbuhan seperti akar, batang, daun, ranting, kulit kayu, dan bunga mengandung senyawa flavonoid. Berikut beberapa tanaman yang memiliki kandungan senyawa flavonoid yaitu sebagai berikut :

1. Kacang Kedelai

            Kacang kedelai merupakan tanaman yang mengandung senyawa flavonoid cukup tinggi. Jenis flavonoid yang terdapat pada kacang kedelai adalah isoflavon. Tumbuhan ini banyak digunakan sebagai makanan, minuman, ataupun obat-obatan. Dalam kacang kedelai terkandung beberapa vitamin yang berperan sebagai antioksidan, yaitu sebagai berikut vitamin E, vitamin A, vitamin C dan provitamin A.

2. Apel

            Apel merupakan tumbuhan yang mengandung flavonoid. Dimana jenis flavonoid yang terkandung dalam Apel adalah quercetin. Yang mana senyawa quercetin dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mencegah penyakit jantung, mencegah katarak, dan mempercepat penyembuhan kenaikan asam lambung. Jadi dapat dikatakan bahwa dengan adanya senyawa quercetin, kita tidak perlu pergi ke dokter untuk berobat.

3. Sirsak

            Jenis senyawa flavonoid yang terdapat dalam sirsak yaitu fenol. Gimana kandungan yang terdapat dalam sirsak dapat berperan sebagai antioksidan yang membantu mengurangi radikal bebas. Selain itu dapat mengobati penyakit darah tinggi (hipertensi).

4. Belimbing Wuluh

            Belimbing wuluh merupakan salah satu tanaman yang mengandung senyawa flavonoid tannin. Dimana kandungan senyawa flavonoid ini dapat mengobati darah tinggi, diabetes, dan kolesterol. Dan juga dapat meredakan peradangan pada jerawat.

5. Temu Putih/ Kunyit Putih

            Kandungan flavonoid yang terdapat pada temu putih adalah flavonoid jenis tannin. Yang mana kandungan ini berperan sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker, mengobati perut kembung, dan menghilangkan bau mulut.


Permasalahan:

1. Kandungan senyawa quercetin dalam apel berperan sebagai obat untuk mencegah penyakit jantung, mencegah katarak, dan mempercepat penyembuhan kenaikan asam lambung. Selain itu, apel juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Apakah dengan mengkonsumsi apel dapat menyembuhkan penyakit kanker tanpa dibantu dengan obat-obatan kimia?

2.  Isoflavon merupakan salah satu golongan flavonoid. Yang mana isoflavon hanya terdapat pada kacang-kacangan saja. Mengapa bisa demikian? Apakah isoflavon juga ada di tumbuhan lain selain kacang-kacangan?

3. Flavonoid banyak terdapat pada tumbuhan dan hewan. Pada tumbuhan, senyawa flavonoid memiliki banyak peranan dalam dunia kesehatan. Namun apakah fungsi senyawa flavonoid yang ada pada tumbuhan itu sama dengan yang ada di hewan?  

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Saya akan menjawab permasalahan no.2
    Isoflavon merupakan salah satu turunan flavonoid yang memiliki manfaat bagi makhluk hidup. isoflavon diproduksi melalu cababg jalur fenolpropanoid pada tanaman tingkat tinggi yaitu tanaman yang sudah mempunyai akar, batang, dan daun sejati. kacang-kacangan merupakan salah satu tanaman tingkat tinggi dimana isoflavon terdapat pada akar, batang, dan daunnya.
    Selain kacang-kacangan, isoflavon ini juga bisa ditemukn pada tumbuhn bunga matahari, bengkoang, jeruk, tomat, dan pada tumbuhan indigofera zollingena.

    BalasHapus
  3. saya Rd. Abdurrahman (A1C117015) akan menjawab pertanyaan no. 3 menurut saya fungsi flavonoid yang dimiliki oleh tumbuhan dan bewan berbeda tergantung dari organisme itu sendiri, kemudian flavonoid yang berasal dari hewan juga memiliki peranan penting dalam dunia kesehatan contohnya adalah propolis yang dihasilkan lebah memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan misalnya sebagai antioksida, anti bakteri, daya tahan tubuh, anti kanker, dll.

    BalasHapus
  4. no.1 memang benar pada apel terdapat senyawa quercetin dimana senyawa ini dapat mengambat terjadinya penyakit kangker dimana kondisi ini dapat di gunakan sebagai pencegahan agar tidak terjadi kanker. lain halnya jika sudah terjangkit sel kangker dalam tubuh. selain mengonsumsi apel perlu penanganan khusus untuk menghambat perkembangan sel ini.

    BalasHapus

KIMIA BAHAN ALAM UNTUK MAKANAN, MINUMAN DAN PENYEDAP RASA

Kimia Bahan Alam untuk Makanan, Minuman dan Penyedap Rasa        Dalam kehidupan sehari-hari, kita banyak mengkonsumsi maka...