Sabtu, 21 September 2019

KERAGAMAN DAN KEUNIKAN STRUKTUR KIMIA FLAVONOID


KERAGAMAN DAN KEUNIKAN STRUKTUR KIMIA FLAVONOID
           


          Flavonoid merupakan kelompok senyawa fenolik terbesar yang terdapat di alam. Yang mana flavonoid mengandung struktur dasar dengan dua cincin aromatis dengan 3 atom C diantara cincin. Flavonoid memberikan kontribusinya terhadap bunga dan buah-buahan di alam seperti pada keindahan dan kesemarakan yang ada pada bunga dan buah-buahan. Dan juga flavonoid memiliki peran dalam penyerbukan pada tanaman yang dibantu oleh serangga.

            Flavin mempunyai peran memberikan warna kuning atau jingga, dan antosianin memberikan warna merah, ungu atau biru, dan semua warna yang ada pada pelangi kecuali warna hijau. Pada daun flavonoid juga berperan sebagai pelindung dari jamur maupun paparan sinar UV-B. Flavonoid banyak ditemukan pada bagian tumbuhan mulai dari daun, batang, akar, kulit, kayu, bunga, buah dan biji. Flavonoid juga merupakan golongan metabolit sekunder.

Struktur Molekul Flavonoid


            Struktur flavonoid memiliki 15 atom karbon, terdiri dari 2 cincin benzena yang dihubungkan menjadi satu oleh rantai linier yang terdiri dari tiga atom karbon. Dapat ditulis sebagai berikut C6-C3-C6 (Manitto, 1992). Susunan ini dapat menghasilkan tiga jenis struktur, yaitu flavonoid (1,3-diarilpropana), isoflavonoid (1,2-diarilpropana), neoflavonoid (1,1-diarilpropana).




Beberapa jenis struktur umum flavonoid alami sebagai berikut:


Isoflavon termasuk dalam kelompok flavonoid (1,2-diarilpropan) dan merupakan kelompok yang terbesar dalam kelompok tersebut. Meskipun isoflavon merupakan salah satu metabolit sekunder, tetapi ternyata pada mikroba seperti bakteri, algae, jamur dan lumut tidak mengandung isoflavon, karena mikroba tersebut tidak mempunyai kemampuan untuk mensintesanya.


Jenis senyawa isoflavon di alam sangat bevariasi. Diantaranya telah berhasil diidentifikasi struktur kimianya dan diketahui fungsi fisiologisnya, misalnya isoflavon, rotenoid dan kumestan, serta telah dapat dimanfaatkan untuk obat-obatan. Berbagai potensi senyawa isoflavon untuk keperluan kesehatan antara lain:
1.   Anti-inflamasi
2.   Anti-tumor/Anti-kanker
3.   Anti-virus
4.   Anti-allergi
5.   Anti Penyakit kardiovaskuler
6.   Estrogen dan Osteoporosis
7.   Anti kolesterol


Permasalahan :

1. Diketahui bahwa flavonoid berfungsi untuk memberi warna kuning pada bunga dan buah. Salah satu senyawa flavonoid adalah antosianidin. Namun berbeda dengan senyawa flavonoid lainnya, antosianidin mempunyai warna yang berbeda yaitu merah, ungu, ataupun biru. Menurut Anda mengapa bisa demikian?

2. Stilbenoid erat hubungannya dengan flavonoid. Stilbenoid memiliki struktur C6-C2-C6. Sedangkan flavonoid memiliki struktur C6-C3-C6. Namun mengapa keduang memiliki hubungan yang erat?

3. Kita ketahui bahwa sebagian besar flavonoid berada dalam bentuk glikosida. Apakah ada flavonoid yang tidak dalam bentuk glikosida?





3 komentar:

  1. (A1C117061) menjawab nomer 1, menurut saya warna yang berbeda tersebut disebabkan oleh antosianidin yang bertindak sebagai pigmen disini. Dimana antara golongan flavonoid lainnya, antosianidin inilah sebagai pigmen yang tersebar luas di berbagai tumbuhan, senyawa ini memiliki warna dasar merah, biru dan ungu yang dapat menjadu warna lainnya seperti kuning, orange dan lain sebagainya. Jadi dia sebagai pigmen bagi tumbuhan.

    BalasHapus
  2. A1C117047 menjawab no 2 stilbenoid dan flavonoid memiliki hubungan yang erat dikarana saat proses biosintesisinya sama-sama melalui jalur Jalur fenilflavonoid hanya saja senyawa stilbenoid ini akan mengalami hidroksilasi.

    BalasHapus
  3. A1C117056 menjawab no.3
    flavonoid tidak hanya dalam bentuk glikosida tetapi ada dalam bentuk aglikogen yang terkandung dalam flavon, flavanol.

    BalasHapus

KIMIA BAHAN ALAM UNTUK MAKANAN, MINUMAN DAN PENYEDAP RASA

Kimia Bahan Alam untuk Makanan, Minuman dan Penyedap Rasa        Dalam kehidupan sehari-hari, kita banyak mengkonsumsi maka...