Sabtu, 12 Oktober 2019

KEANEKARAGAMAN DAN KEUNIKAN SENYAWA KIMIA ALKALOID



KEANEKARAGAMAN DAN KEUNIKAN SENYAWA KIMIA ALKALOID





             Alkaloid merupakan golongan senyawa metabolit sekunder yang mana senyawa ini mengandung nitrogen (N) dengan tingkat oksidasi negative yang terdapat secara terbatas pada makahluk hidup. Alkaloid juga merupakan senyawa metabolite sekunder yang memiliki sifat alkali. Alkaloid memiliki sejarah hanpir setua dengan peradaban manusia. Alkaloid sering digunakan sebagai obat-obatan dalam bentuk minuman, dan tak jarang juga alkaloid dijadikan sebagai racun.


            Alkaloid memiliki rasa pahit atau getir saat di lidah, hal ini dikarenkan alkaloid bersifat basa. Alkaloid dapat ditemukan pada tumbuhan, hewan, bakteri, dan jamur. Namun, alkaloid tidak ditemukan disemua jenis tumbuhan. Alkaloid banyak ditemukan pada tumbuhan tingkat tinggi Angiospermae khusunya pada tanaman dikotil.


Sifat-Sifat Alkaloid
1. Mengandung aton Nitrogen dari asam amino.
2. Kebanyakan berbentuk padatan kristan dan ada juga yang berbentuk amorf. Pada nikotin dan kooniin, alkaloid berupa cairan.
3. Umumnya tidak memiliki warna.
4. Umumnya memiliki rasa pahit atau getir.
5. Umumnya basa bebasnya larut dalam pelarut organic.
6. Alkaloid dapat membentuk endapan dengan bentuk iodide dari Hg, Au dan logam berat lainnya (dasar untuk identifikasi alkaloid).


Berdasarkan sumber atom N dalam strukturnya, alkaloid dapat dibagi menjadi beberapa yaitu:
1. Alkaloid yang berasal dari ornitin.
2. Alkaloid yang berasal dari lisin.
3. Alkaloid yang berasal dari asam nikotinat.
4. Alkaloid yang berasal dari tirosin.
5. Alkaloid yang berasal dari triptopan.
6. Alkaloid yang berasal dari asam antranilat.
7. Alkaloid yang berasal histidin.
8. Alkaloid yang berasal dari proses aminasi dan alkaloid purin.

            Sedangkan berdasarkan kerangka karbon di mana atom N berada dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
1. Alkaloid amino.
2. Alkaoid piridin dan piperidin.
3. Alkaloid tropan.
4. Alkaloid pirolizidin.
5. Alkaloid quinolizidin.
6. Alkaloid isoquinolin.
7. Alkaloid benzofenantridin.
8. Alkaloid tetrohidroisokuinolin terpenoid.
9. Alkaloid indol.
10. Alkaloid quinolin.
11. Alkaloid imidazol.
12. Alkaloid steroid.
13. Alkaloid akonitrum.


14. Alkaloid guanidium.

Permasalahan:
1. Jika pada senyawa flavonoid banyak berperan dalam bidang kesehatan karena dapat berfungsi sebagai obat. Berbeda dengan alkaloid, kebanyakan alkaloid bersifat toksik atau racun. Jika bersifat toksik, apakah alkaloid dapat dijadikan obat untuk manusia?
2. Dalam rokok terdapat nikotin yang mana nikotin ini dapat menimbulkan rasa candu pada perokok tersebut. Apakah ada cara untuk menghilangkan rasa candu yang dialami si perokok agar si perokok sedikit demi sedikit dapat berhenti merokok? 
3. Apakah yang menyebabkan rasa pahit dan getir pada alkaloid? Dan apakah semua jenis alkaloid itu memiliki rasa pahit?


3 komentar:

  1. Hallo friska
    Saya akan mencoba menjawab permasalahan yang nomor 1. Menurut Saya walaupun alkaloid ini bersifat toksik akan tetapi senyawa alkaloid ini dapat digunakan dalam bidang kedokteran atau bisa digunakan obat untuk manusia. Contoh bidang kedokteran misalnya pada saat Akan dilakukan operasi maka Kita dapat menggunakan morfin untuk menghilangkan rasa sakit pada Proses berlangsungnya operasi tadi. Selain dari morfin Ada lagi senyawa yang dapat digunakan sebagai obat yaitu diantaranya Ada vinkristin, nah vinkristin ini digunakan sebagai obat kanker pada manusia.
    Semoga membantu 🙏

    BalasHapus
  2. Saya Agustri Manda sari (035) akan mencoba menjawab pertanyaan no 3. Menurut saya mengapa alkaloid memiliki rasa pahit yaitu karna sudah dijelaskan bahwasannya alkaloid itu bersifat basa. Sehingga rasa pahit yang ditimbulkan berasal dari sifat kimia nya tersebut. Semoga membantu

    BalasHapus
  3. (A1C117061) menjawab nomer 2, Ada. kita bisa menghilangnya candu terhadap rokok yang disebabkan oleh nikotin dengan NRT (Nicotine Replacement Therapy) atau terapi pengganti nikotin.

    BalasHapus

KIMIA BAHAN ALAM UNTUK MAKANAN, MINUMAN DAN PENYEDAP RASA

Kimia Bahan Alam untuk Makanan, Minuman dan Penyedap Rasa        Dalam kehidupan sehari-hari, kita banyak mengkonsumsi maka...