Kamis, 17 Oktober 2019

POTENSI PEMANFAATAN ALKALOID UNTUK MAKHLUK HIDUP


POTENSI PEMANFAATAN ALKALOID UNTUK MAKHLUK HIDUP




            Alkaloid merupakan golongan senyawa metabolit sekunder yang mana senyawa ini mengandung nitrogen (N) dengan tingkat oksidasi negative yang terdapat secara terbatas pada makahluk hidup. Alkaloid juga merupakan senyawa metabolite sekunder yang memiliki sifat alkali. Alkaloid memiliki sejarah hanpir setua dengan peradaban manusia. Alkaloid sering digunakan sebagai obat-obatan dalam bentuk minuman, dan tak jarang juga alkaloid dijadikan sebagai racun.

            Alkaloid memiliki rasa pahit atau getir saat di lidah, hal ini dikarenkan alkaloid bersifat basa. Alkaloid dapat ditemukan pada tumbuhan, hewan, bakteri, dan jamur. Namun, alkaloid tidak ditemukan disemua jenis tumbuhan. Alkaloid banyak ditemukan pada tumbuhan tingkat tinggi Angiospermae khusunya pada tanaman dikotil. Berikut beberapa tanaman yang mengandung alkaloid yang bermanfaat untuk makhluk hidup:

Cokelat dan Kopi

            Cokelat dan kopi merupakan tanaman yang mengandung alkaloid jenis kafein. Yang mana ketika kita mengkonsumsinya dapat menimbulkan rasa tenang, rileks, dan senang. Dan juga cokelat memiliki antioksidan yang tinggi.

Tembakau

            Tembakau adalah salah satu tanaman yang mengandung alkaloid jenis nikotin. Yang sering kita tahu, bahwa nikotin terdapat dalam rokok yang dapat menimbulkan rasa candu terhadap penggunanya. Selain itu, nikotin juga memiliki manfaat yang positif yaitu dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi, sebagai obat ruam kulit dan dapat mengobati luka akibat gigitan serangga ataupun ular berbisa.

Mengkudu

            Di dalam mengkudu terdapat alkaloid jenis xeronine yang berfungsi untuk anti inflamasi, sebagai pelindung saraf melalui aktivitas anti-oksidan, dapat mengobati amandel, radang tenggorokan dan lainnya.



Permasalahan:
1. Di dalam kopi terdapat alkaloid jenis kafein. Dimana kebanyakan orang mengkonsumsi kopi untuk menghilangkan rasa kantuk ketika sedang bergadang. Apa pengaruh kopi sehingga dapat menghilangkan rasa kantuk?
2. Cokelat banyak dikonsumsi baik dalam bentuk minuman atau makanan. Di dalam cokelat terdapat alkaloid golongan kafein. Mengkonsumsi cokelat dapat menimbulkan rasa tenang, senang, dan bahagia. Apakah ada hubungan antara rasa tenang, senang, dan bahagia setelah mengkonsumsi cokelat dengan kandungan kafein yang ada di dalam cokelat tersebut?

3. Di dalam rokok terdapat alkaloid jenis nikotin. Dimana nikotin dapat menimbulkan rasa candu terhadap perokok. Yang mana penggunanya sulit untuk berhenti merokok. Apa yang menyebabkan nikotin dapat menimbulkan rasa candu?

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. 3. Nikotin yang ada dalam rokok akan merangsang produksi dopamine didalam tubuh. Dopamine merupakan hormon yang menimbulkan sensasi kenikmatan.
    Nikotin makan ulai bekerja pada 10 detik pertama ketika seseorang itu merokok. kemudian Nikotin yang terdapat pada tembakau saat seorang merokok akan masuk ke pusat saraf otak yang merangsang kemunculan hormon dopamine itu sendiri

    BalasHapus
  3. 2. Cokelat diketahui memiliki kandungan phenethylamine yang mampu menghasilkan hormon endorfin dalam tubuh. Hormon endorfin ini dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia, serta hormon ini yang sama dengan saat merasa jatuh cinta. Cokelat juga diketahui dapat membuat seseorang merasa tenang karena kandungan kafein di dalam cokelat tersebut.

    BalasHapus
  4. 1. Kafein ada di kopi dimana Kafein inilah yang membuat badan menjadi lebih enak, terutama kalau tidak tidur dengan nyenyak atau setelah bekerja hingga larut malam,kafein ini lah yang mencegah rasa kantuk dimana Otak manusia dalam pengaruh kafein dimana Kafein menambah jumlah reseptor di otak yang dapat menerima molekul dopamine, yang membuat seseorang meresa lebih segar dan bersemangat.oleh sebab itu lah knpa ketika kita minum kopi itu kita tidak mudah mengantuk.
    Semoga membantu:)

    BalasHapus

KIMIA BAHAN ALAM UNTUK MAKANAN, MINUMAN DAN PENYEDAP RASA

Kimia Bahan Alam untuk Makanan, Minuman dan Penyedap Rasa        Dalam kehidupan sehari-hari, kita banyak mengkonsumsi maka...