Sabtu, 24 Agustus 2019

Etnobotani


WEDANG JAHE
            Wedang jahe merupakan minuman yang terbuat dari sari jahe yang disajikan dalam keadaan panas atau hangat. Wedang jahe sering dijumpai di daerah pegunungan dan pedesaan. Yang mana wedang jahe ini dapat membuat tubuh lebih hangat ketika meminumnya. Ada beberapa manfaat dan khasiat dari wedang jahe selain dapat menghangatkan tubuh ketika diminum, yaitu:
1. Dapat menjadi penetral mual ketika sedang berpergian jauh.
2. Dapat melegakan flu.
3. Dapat memperlancar sirkulasi darah.
4. Sebagai anti oksidan bagi tubuh.
5. Dan bisa juga untuk program diet. Karena wedang jahe bersifat alkali dalam tubuh (bersifat basa). Dan lain-lain.
            Ada beberapa kandungan zat yang ada dalam wedang jahe, yaitu: Kalium, Mangan, Tembaga, Magnesium, dan vitamin C.
            Sekilas tentang jahe, jahe merupakan bahan alami yang sering kita jumpai di dapur. Jahe merupakan tumbuhan yang mempunyai batang semu, tinggi batangnya lebih kurang 50 cm s/d 1 meter. Jahe memiliki akar serabut yang panjang daunnya lebih kurang 20 cm dan lebarnya lebih kurang 2,5 cm. Aroma yang dimiliki oleh jahe begitu sedap.
            Ada tiga macam jenis jahe yaitu:
1. Jahe sunti, yang mana jahe ini berwarna merah.
2. Jahe gajah, yang mana jahe ini memiliki ukuran yang cukup besar dan berwarna putih. Namun, jahe ini tidak begitu panas.
3. Jahe emprit. Yang mana sesuai namanya, jahe ini ukurannya kecil-kecil namun rasanya pedas.
Jahe yang sering kita gunakan untuk pengobatan adalah jahe merah. Dimana jahe ini memiliki kadar minyak atsiri yang lebih tinggi dan rasanya lebih pedas.



Pertanyaan:
1. Apakah wedang jahe memiliki efek samping?
2. Apa saja kandungan yang terdapat di dalam wedang jahe?
3. Dalam wedang jahe, zat apa yang berfungsi sebagai anti oksidan dalam tubuh?

3 komentar:

  1. Saya melisa oktapiani NIM (043) akan menjawab pertanyaan no 1. Wedang jahe miliki efek samping yang dapat merugikan kesehatan tubuh diantaranya menyebabkan tingkat keasaman tubuh naik, tekanan darah turun yang berbahaya bagi orang yang memiliki tekanan darah rendah, kurang tidur, diabetes, masalah pencernaan seperti mules, perut rasa terbakar dan pada ibu hamil dapat menyebabkan kontraksi.

    BalasHapus
  2. Saya Agustri manda sari (A1C117035) akan mencoba menjawab pertanyaan nomor 2 yaitu kandungan yang terdapat dalam wedang jahe adalah kalium, mangan, tembaga, magnesium dan vitamin C

    BalasHapus
  3. Nama : yossy mahardani
    Nim : A1C117034
    Antioksidan yang ada dalam jahe berupanvitamin c dan tembaga dimana memiliki kasiat yang baik untuk kulit yang manfaatnya sebagai antioksidan tersebut.
    Semoga membantu

    BalasHapus

KIMIA BAHAN ALAM UNTUK MAKANAN, MINUMAN DAN PENYEDAP RASA

Kimia Bahan Alam untuk Makanan, Minuman dan Penyedap Rasa        Dalam kehidupan sehari-hari, kita banyak mengkonsumsi maka...