Sabtu, 14 September 2019

Keragaman dan Keunikan Struktur Terpenoid


TERPENOID



            Terpenoid merupakan senyawa yang terdapat pada tumbuhan. Terpenoid juga disebut dengan isoprenoid. Yang mana terpenoid disusun oleh struktur isoprena dan kerangka karbonnya dibangun oleh 2 atau lebih penyusun satuan C5. Kemudian digolongkan berdasarkan jumlah satuan isoprene yang terdapat dalam senyawa itu. Seperti hemiterpena (C5), monoterpena (C10), seskuiterpena (C15), diterpena (C20), sesterpena (C25), triterpena (C30), tetraterpena (C40). Jika lebih dari 8 unit isoprena disebut politerpena.

            Ada beberapa alasan yang membuat para ahli kimia organik sangat menyukai senyawa terpenoid sebagai objek penelitiannya, yaitu kelimpahannya, mudahnya senyawa ini diisolasi, cepatnya asetibilitas senyawa ini, memiliki komposisi yang relative sederhana, sangat mudah untuk dikenali serta transformasinya sangat menarik. Terpenoid memiliki beberapa sifat yaitu mempunyai bau yang khas, indeks biasnya tinggi, tidak berwarna jika dalam keadaan segar tapi berwarna gelap jika teroksidasi, larut dalam pelarut organic dam memiliki kerapatan yang lebih kecil dari air.

Klasifikasi senyawa terpenoid
            Rumus umum terpenoid adalah (C5H8)n.

Nama
Rumus
Sumber
Monoterpena
C10H16
Minyak Atsiri
Seskuiterpena
C15H24
Minyak Atsiri
Diterpena
C20H32
Resin Pinus
Triterpena
C30H48
Saponin, Damar
Tetraterpena
C40H64
Pigmen, Karoten
Politerpena
(C5H8)n n 8
Karet Alam

1. Monoterpena




2. Seskuiterpena


3. Diterpena


6. Tetraterpena


7. Politerpena

Permasalahan :
1. Mengapa terpenoid banyak terdapat dalam tumbuhan dan sebagai penyusun tumbuhan?
2. Bagaimana kita menetukan golongan terpenoid atau uji apa saja yang dapat dilakukan dalam memperoleh senyawa terpenoid?
3. Dalam melakukan isolasi senyawa terpenoid, hal apa yang harus diperhatikan?

3 komentar:

  1. INDAH (RSA1C117005)
    1. Terpenoid banyak terdapat di tumbuhan karena terpenoid merupakan senyawa metabolit sekunder. Dimana manfaat dari senyawa metabolit sekunder itukan sebagai senyawa yang menjaganya dari lingkungan seperti mencegah pertumbuhan hama dan penyakit. Dan juga pada tumbuhan banyak terkandung minyak atsiri, dimana terpenoid ini ada di dalam minyak atsiri tersebut.

    BalasHapus
  2. Vinni Sridayanti (A1C117030)
    3. sebelum melakukan isolasi terhadap senyawa terpenoid dari suatu tumbuhan, terlebih dahulu kita harus mengidentifikasi senyawa metabolit apa saja yang terkandung didalam tumbuhan tersebut,sehingga dapat diketahui kandungan senyawa didalam tumbuhan yang akan diisolasi, misalnya dengan skrining fitokimia.

    BalasHapus
  3. 2. cara menentukan golongan dari terpenoid ini sendiri adalah dengan melihat berapa banyak unit isoprena yang terdapat dalam suatu senyawanya. sehingga kita dapat menentukan golongan dari terpenoidnya. uji yang dapat kita gunakan adalah uji asam mevalonat. (A1C117074)

    BalasHapus

KIMIA BAHAN ALAM UNTUK MAKANAN, MINUMAN DAN PENYEDAP RASA

Kimia Bahan Alam untuk Makanan, Minuman dan Penyedap Rasa        Dalam kehidupan sehari-hari, kita banyak mengkonsumsi maka...